SIASAT KOTA

Edisi 123 - 12 September 2011

Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun
Karimun, Siasat Kota

Fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Karimun meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Karimun untuk segera memperbaiki pengelolaan keuangan, agar kedepan mampu mencapai penilaian wajar dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).
 
“Apabila ketentuan tersebut dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka untuk kedepan, penilaian Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan Pemkab Karimun akan meningkat dari wajar dengan pengecualian (WDP) menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP),“ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD Karimun, Raja Kamaruddin, beberapa waktu yang lalu.

Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi PAN, Jhon Abrison, seharusnya Pemkab Karimun telah memperoleh penilaian WTP dari BPK.

“Penilaian WTP dapat dijadikan sebagai pedoman bahwa Pemkab Karimun telah melakukan perbaikan kinerja dan pengelolaan keuangan daerah,“terangnya.

Sementara itu menurut Ketua Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan yang disampaikan oleh sekretarisnya, Jamaluddin, selain berupaya meraih penilaian WTP, Pemkab Karimun diharapkan untuk melaksanakan efisiensi penggunaan anggaran.

"Saya menilai perolahan Sisa Lebih Pengunaan Anggaran (SILPA) Tahun Anggaran 2010 sebesar Rp200,3 miliar, sebagian besar bukanlah berasal dari penghematan anggaran melainkan berasal dari pengembalian alokasi anggaran terhadap sejumlah program kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD)," paparnya.

Menurut Jamaluddin, penilaian WDP yang di berikan oleh BPK terhadap penggunaan anggaran di Pemkab Karimun, menjadikan suatu bukti bahwa hingga disitulah kemampuan maksimal kinerja dan pengelolaan anggaran yang dimiliki oleh SKPD di Pemkab Karimun.

“Karena itu penilaian WDP dari BPK setiap tahun yang mampu diraih oleh Pemkab Karimun, hingga saat ini kami belum melihat upaya perbaikan dan langkah-langkah untuk meraih WTP,” jelasnya.

Dilanjutkan Ketua Fraksi Bintang Reformasi, Syahril, menjelaskan, pemkab Karimun seharusnya menyusun secara cermat seluruh program kegiatan jika meraih WTP dari BPK, dimulai dari perencanaan dalam mendapat pengawasan ketat dan dilakukan evaluasi setelah program itu dilaksanakan.

“Jika tetap ditemukan kegagalan dalam perencanaan, maka program tersebut dapat diartikan gagal secara menyeluruh. Kedepan kegagalan itu merupakan suatu temuan auditor BPK dan berpengaruh besar terhadap penilaian selanjutnya.,” paparnya.

Kemudian menurut Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan, HM Taufik, penilaian BPK terhadap pengelolaan keuangan Pemkab Karimun tetap pada tingkat WDP, dimulai sejak Kabupaten Karimun berdiri sekitar 12 tahun lalu.

“Hingga saat ini kami belum melihat upaya perbaikan yang dilakukan oleh pemkab Karimun, berdasarkan itu kami menyimpulkan bahwa Pemkab Karimun tidak pernah terbebani dengan hasil penilaian WDP dari BPK,” ujarnya.

Dengan menyikapi seluruh pandangan fraksi tersebut, Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq, mengatakan upaya perbaikan kinerja dan pengelolaan anggaran terus dilakukan oleh pihaknya.

“Pemberlakuan kontrak kerja dengan seluruh pimpinan SKPD telah dimulai pada tahun ini, terhadap pencapaian berbagai bidang program kerja dan terget yang telah dipaparkan oleh masing-masing SKPD dalam musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Karimun tahun 2011-2016, hal itu dapat djadikan sebagai bukti awal bahwa perbaikan kinerja dan pelayanan publik terus kami lakukan,” Ungkapnya.

Sebagian besar fraksi-farksi di DPRD Karimun berharap agar kedepan Pemkab Karimun mampu meraih penilaian WTP dari BPK dan juga merupakan suatu motivasi bagi Pemkab Karimun dimasa akan datang. 
                                                                                                              ● Efrizal Tanjung

Salam Untuk Penggemar "Surat Kabar Siasat Kota"

Mohon kiranya tidak memberikan komentar sekedar ucapan terimakasih atau just say hello. Kami tidak keberatan jika anda memanfaatkan ruang komentar di halaman ini untuk menaikkan rangking website anda di Google/search engine lainnya. Akan tetapi harap anda melakukannya secara elegan, yakni memberikan komentar yang berbobot mengenai Surat Kabar Siasat Kota.
Terimakasih atas perhatiannya.

Efrizal Tanjung
http://siasatkota-kepri.blogspot.com

1 komentar:

Slot Machines For Sale - MGMCD
Used · Game Card 보령 출장샵 · Game Card · Classic Games · Game Cases 구리 출장안마 · Game Sets · Games/Toys · Toys & Games What are 용인 출장마사지 the best slot machines for sale?How many games does 대구광역 출장샵 it cost to play the slot machines? 충주 출장샵

Posting Komentar